Entri Populer

Selasa, 01 Maret 2011

nanas langkah

Nanas Langka, Satu Pohon 12 Buah

Indonesia banyak memiliki koleksi tanaman buah-buahan unik yang merupakan jenis spesies langka. Salah satunya buah nanas milik Setiyono (42) warga Desa Pule, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri.
Nanas ajaib milik Setiyono merupakan jenis langka karena satu pohon mampu mengeluarkan 12 buah sekaligus. Lazimnya, buah nanas yang banyak dibudidayakan petani selama ini hanya berbuah tunggal.
Buah nanas utama yang muncul pertama kali tumbuh membesar sepanjang 40 cm dengan diameter 15 cm. Ukuran buah juga di atas rata-rata buah nanas normal. Kini buah utamanya malahan telah mulai menguning.
Disusul kemudian 11 buah nanas kecil yang muncul di bawah buah nanas utama. Di tangkai bawahnya juga bermunculan buah nanas lainnya yang rata-rata ukurannya mulai 10 cm sampai 20 cm.
Menurut Setiyono, semula buah nanas itu tumbuh di halaman belakang rumah. Karena punya keanehan muncul lebih dari satu buah, akhirnya tanaman yang daunnya bergerigi itu dipindah di pot.
Buah nanas itu tidak diberi pupuk kimia tapi hanya diberi pupuk kandang dan kompos. “Saya sendiri tidak mengira kalau muncul sampai 12 buah serta buahnya ukurannya besar-besar,” ungkap Setiyono kepada Surya, Sabtu (5/2).
Bibit buah nanas itu diperoleh dari seorang kenalannya di Bogor, Jawa Barat setahun silam. Kenalannya menyebut buah nanas unik itu jenis nanas bajul. “Teman saya menyebut nanas bajul karena ukurannya buahnya panjang,” jelasn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar