Entri Populer

Rabu, 16 Maret 2011

mac os

sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file.

Mac OS adalah salah satu contoh nama merek dagang untuk serangkaian antarmuka pengguna grafis berbasis sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc untuk Macintosh garis sistem komputer. Pengalaman pengguna Macintosh adalah mempopulerkan dikreditkan dengan antarmuka pengguna grafis. Bentuk asli dari Apple apa nantinya nama “Mac OS” adalah integral dan perangkat lunak sistem yang tidak disebutkan namanya pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dengan Macintosh asli, biasanya disebut hanya sebagai perangkat lunak Sistem.

Apple sengaja meremehkan keberadaan sistem operasi pada tahun-tahun awal Macintosh untuk membantu membuat mesin tampil lebih user-friendly dan untuk jarak dari sistem operasi lain seperti MS-DOS, yang lebih misterius dan menantang secara teknis. Sebagian besar perangkat lunak sistem awal ini diselenggarakan di ROM, dengan update biasanya disediakan gratis oleh Apple dealer pada floppy disk. Seperti meningkatkan kapasitas penyimpanan disk dan kinerja secara bertahap menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan sebagian besar sistem operasi GUI maju dalam ROM, Apple dieksplorasi klon sementara posisi upgrade sistem operasi utama yang terpisah produk yang menghasilkan pendapatan, pertama dengan Sistem Sistem 7,1 dan 7,5, kemudian dengan Mac OS 7,6 pada tahun 1997.

Versi awal Mac OS yang kompatibel hanya dengan Motorola 68000 berbasis Macintoshes. Ketika Apple memperkenalkan komputer dengan PowerPC hardware, OS ditingkatkan untuk mendukung arsitektur ini juga. Mac OS 8,1 adalah versi terakhir yang dapat dijalankan pada prosesor kelas 68.000 (yang 68.040). Mac OS X, yang telah digantikan dengan “Classic” Mac OS, yang kompatibel dengan baik PowerPC dan prosesor Intel melalui versi 10.5 ( “Leopard” ). Versi 10,6 ( “Snow Leopard”) hanya mendukung prosesor Intel.

Awal sistem operasi Macintosh pada awalnya terdiri dari dua buah perangkat lunak, yang disebut “System” dan “Finder”, masing-masing dengan nomor versi. Sistem adalah yang pertama untuk memasukkan logo Mac OS (sebuah variasi dari asli Happy Mac startup ikon), dan Mac OS 7,6 adalah yang pertama diberi nama “Mac OS”. Sebelum pengenalan kemudian PowerPC G3 berbasis sistem, bagian-bagian penting dari sistem fisik disimpan dalam ROM pada motherboard. Tujuan awal ini adalah untuk menghindari penggunaan atas penyimpanan terbatas floppy disk pada sistem dukungan, mengingat bahwa awal Mac tidak mempunyai hard disk. Hanya satu model Mac yang pernah benar-benar menggunakan ROM bootable sendirian, tahun 1991 Classic Mac model. Arsitektur ini juga memungkinkan untuk OS yang sama sekali antarmuka grafis pada tingkat terendah tanpa memerlukan hanya-teks konsol atau modus baris perintah . Waktu boot kesalahan, seperti tidak menemukan fungsi disk drive, yang dikomunikasikan kepada pengguna grafis, biasanya dengan sebuah ikon atau Chicago khas bitmap font dan yang menyela Kematian atau serangkaian berbunyi ‘bip’. Hal ini berbeda dengan PC dari waktu, yang ditampilkan pesan seperti dalam font mono-spasi pada latar belakang hitam, dan membutuhkan penggunaan keyboard, bukan mouse, untuk masukan. Untuk memberikan sopan santun pada tingkat rendah, Mac OS tergantung pada perangkat lunak sistem inti dalam ROM pada motherboard, suatu fakta yang kemudian membantu untuk memastikan bahwa hanya komputer Apple atau berlisensi klon (dengan ROM yang dilindungi hak cipta dari Apple) bisa menjalankan Mac OS .

Mac OS dapat dibagi menjadi dua bagian:

* The Mac OS Classic, yang didasarkan pada kode dari Apple sendiri

Mac OS “klasik” dicirikan oleh kurangnya jumlah baris perintah, ini adalah sepenuhnya sistem operasi grafis. Terkenal karena kemudahan penggunaan dan cooperative multitasking itu dikritik karena sangat terbatas manajemen memori, kurangnya memori dilindungi, dan kerentanan terhadap konflik di antara sistem operasi “ekstensi” yang menyediakan fungsionalitas tambahan (seperti jaringan) atau dukungan untuk perangkat tertentu. Beberapa ekstensi mungkin tidak bekerja dengan baik bersama-sama, atau bekerja hanya ketika dimuat dalam urutan tertentu. Troubleshooting Mac OS ekstensi bisa jadi memakan waktu proses trial and error.

* Mac OS X, yang dikembangkan dari Mac OS Classic, dan NeXTSTEP, yang berbasis UNIX.

Mac OS X adalah kesepuluh versi utama sistem operasi Apple untuk Macintosh komputer. Sebelumnya sistem operasi Macintosh yang diberi nama menggunakan angka-angka Arab, misalnya Mac OS 8 dan Mac OS 9. Huruf X di Mac OS X nama mengacu pada nomor 10, sebuah angka Romawi. Oleh karena itu benar diucapkan “sepuluh” dalam konteks ini, meski “X” (/ ɛks /) juga merupakan lafal umum. Mac OS X inti adalah POSIX sesuai sistem operasi (OS) yang dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah. Apple telah merilis ini sebagai perangkat lunak bebas dan open source sistem operasi bernama Darwin. Di atas Darwin, Apple berlapis-lapis sejumlah komponen, termasuk Aqua antarmuka dan Finder, untuk melengkapi GUI berbasis sistem operasi yang Mac OS X.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar